CARA MEMBUAT BLOG GRATIS

Baca Juga

Blog, yang dalam pengertiannya adalah  sebuah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan yang dimuat dalam bentuk postingan pada sebuah halaman web. Blog sendiri biasanya bersifat publik atau bisa dilihat oleh semua orang. Dan bisa juga tidak, tergantung tujuan dari si pemilik blog tersebut.

Saat ini sudah banyak cara atau yang paling tepatnya layanan yang memberi kemudahan kepada kita untuk membuat blog secara gratis. Dan salah satunya yang akan saya bahas kali ini yaitu Blogger.com. Blogger sendiri adalah layanan yang dimiliki oleh Google yang memberi kemudahan kepada kita untuk membuat blog. Saya sendiri pun juga menggunakan layanan dari google ini. Selain gratis, menu dan tampilan dashboardnya pun sangat mudah dipahami oleh seorang pemula sekalipun. Langkah -langkah membuatnya pun sangat mudah, yaitu :

 Yang pertama pastikan anda sudah memiliki akun google. Jika belum anda harus mendaftar terlemih dahulu.


Selanjutnya jika anda sudah memiliki akun google, buka http://blogger.com lalu isikan email dan password dalam form seperti ini .




Setelah itu isilah formulir tentang diri anda dan beri centrang atau checklist pada syarat dan persetujuan.


Setelan anda masuk ke dashboard blogger, cari menu "blog baru" dan akan keluar tab seperti ini. 



Isikan Nama atau judul blog yang anda inginkan dan juga URL blog anda. Jika Url blog tersedia akan ada keterangan dibawah url tadi. Untuk templatenya anda bisa menggantinya lain kali. Jika sudah klik " blog baru ", dan blog anda sudah jadi.


Selanjutnya untuk memulai memposting tulisan atau artikel untuk yang pertama kalinya , klik pada "mulai mengeposkan" atau bisa juga pada menu seperti berikut 



Setelah itu tuliskan Judul dan isi tulisan anda pada form seperti ini.




Selanjutnya untuk mempublikasikan artikel anda, klik "publikasikan", atau jika anda ingin melihatnya terlebih dahulu anda bisa mengklik "pratinjau". Dan jangan lupa klik publikasikan.


Sampai disini postingan anda telah berhasil, akan tetapi untuk menduduki posisi teratas di google serp tidaklah mudah seperti membalikan telapak tangan . Masih banyak lagi hal-hal yang harus dilakukan untuk penjadi nomer 1 di google serp. Demikian Tulorial yang bisa saya tulis kali ini. Dan jangan lupa untuk membaca postingan saya yang ;ainnya. Semoga bermanfaat.

Postingan terkait: