8 Fitur Memukau yang Ditemukan di Samsung Galaxy S8 dan S8+

Baca Juga




Kegembiraan seolah tak bisa ditutup-tutupi oleh hampir pecinta gadget di seluruh dunia. Ya, setelah President Mobile Communications Samsung, DJ Koh memperkenalkan secara resmi kelahiran Galaxy S8 dan Galaxy S8+dalam acara "Unpacked 2017" di New York.


Smartphone flagship Samsung ini tampil memukau dengan desain layar yang disebut "Infinite Display" yang nyaris tanpa bezel di sisi atas dan bawah. Bagian muka terlihat hampir seluruhnya didominasi oleh layar.

Samsung menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 835 untuk pasar AS dan chipset Exynos 8995 untuk pasar internasional. Pre-order di Indonesia dibuka pada 8 April 2017, Galaxy S8 akan dijual seharga Rp10,5 juta dan Galaxy S8+ dibanderol Rp12 juta.



8 Fitur Memukai yang Ditemukan di Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+

Masih pada penasaran dong, spesifikasi dan fitur unggulan apa saja yang dibawa oleh Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+? Berikut Jaka rangkum, semua fitur dan spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ yang wajib kamu ketahui.

1. Desain Baru dengan Infinity Display

Sejalan dengan tren yang sedang berkembang, Samsung menggunakan aspek rasio baru 18.5:9 yang disebut Infinity Display. Kamu benar, ini sama dengan layar 'Univisium' yang digunakan LG G6.

Sehingga Samsung Galaxy S8 dan Galaxy S8+ mampu mempertahankan dimensi mirip dengan Galaxy S7, namun dengan layar yang lebih besar dan tinggi. Sekitar 83 persen didominasi oleh layar.

Samsung Galaxy S8 mengusung layar Super AMOLED 5,8 inci dan Galaxy S8+ 6.2 inci, dengan resolusi WQHD 1440x2960 piksel. Meskipun, secara default resolusi layar yang ditampilkan adalah full HD.

Tren Baru Ini Rahasia Aspek Rasio Layar 18:9 di LG G6!



2. Asisten Digital Bixby


Bixby adalah asisten digital berbasis AI yang mampu mempelajari penggunanya, membantu pengguna dan mengubah cara kamu menggunakan smartphone.


Ya, Samsung Galaxy S8 adalah smartphone pertama yang memiliki tombol fisik untuk memanggil Bixby. Salah satu fiturnya ialah pengenalan obyek, yang dapat memindai produk saat berbelanja, mengenali landmark, membaca teks, dan banyak lagi.

Bixby juga dapat menggunakan kamera untuk mengenali dan menerjemahkan teks secara real time.

3. Haptic Feedback Engine

Mengusung layar 'Infinity Display', membuat Samsung harus rela menghapus tombol home khas fisik. Fingerprint sensor pun berpindah tempat ke belakang di samping kamera.

Meski begitu, kamu tetap dapat merasakan respon 'clicky' ketika menekan tombol home. Karena Samsung menyematkan haptic feedback engine di tombol navigasi on-screen Galaxy S8. Samsung menyebut fitur ini sebagai 'Invisible Home Button'.

4. Peningkatan Kamera

Seolah tak mau mengikuti arus dengan ikutan membenamkan teknologi dual camera. Samsung lebih memilih fokus meningkatkan teknologi Dual Pixel yang membuat autofokus jadi makin cepat dan presisi.

Kamera utama masih mengusung ukuran 12 MP dan bukaan f/1.7. Sementara, kamera depannya 8 MP lengkap dengan face-detection autofocus.

Samsung sendiri menjanjikan software yang lebih baik untuk segi kamera, dengan built-in HDR mode yang membuat performa low-light makin baik. Juga filter baru dan stiker, seperti yang bisa ditemukan di aplikasi pihak ketiga yakni Snapchat dan Instagram.

5. Pemindai Iris dan Pengenalan Wajah

Samsung juga turut membawa kelebihan Samsung Galaxy Note 7 ke Galaxy S8 dan Galaxy S8+ yakni pemindai iris dan pengenalan wajah. Sehingga kamu bisa membuka kunci lebih cepat.

Pemindai iris adalah fitur yang menggunakan karakteristik unik dari iris mata kamu untuk membentuk pola rumit yang akan memperkuat keamanan perangkat. Kamu bisa menggunakan data iris kamu untuk membuka kunci, verify akun Samsung, sign in ke website atau berbagai hal lainnya.

6. Samsung DEX

Aksesori Samsung DEX menyempurnakan Galaxy S8 dan Galaxy S8+. Pasalnya perangkat ini mampu menyulap smartphone menjadi PC desktop. Kamu dapat menghubungkan smartphone ke monitor, keyboard, dan mouse untuk meningkatkan produktivitas.

Samsung tidak mengembangkan fitur ini sendirian, perusahaan berkolaborasi dengan Adobe dan Microsoft untuk mendapatkan aplikasi kustom siap pakai guna menunjang bisnis.

Canggih

Canggih, Samsung DEX Bisa Sulap Galaxy S8 Jadi Desktop PC


7. Bluetooth 5

Samsung Galaxy S8 jadi smartphone pertama yang menanamkan fitur Bluetooth 5. Bluetooth 5 sekarang itu menawarkan kecepatan dua kali lebih baik dan empat kali lebih jauh dari Bluetooth 4.2, yang artinya koneksi masih tetap terhubung hingga jarak 240 meter.

Samsung Galaxy S8 Jadi Smartphone Pertama dengan Bluetooth 5 Apa Hebatnya?

Samsung Galaxy S8 Jadi Smartphone Pertama dengan Bluetooth 5, Apa Hebatnya?


Bandwidth dari Bluetooth 5 sendiri juga lebih kuat, sehingga memungkinkan Galaxy S8 bisa menghubungkan ke dua headphone sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Jadi, kamu tetap bisa dengerin lagu meski pakai headphone saat bersama gebetan.

8. Chipset Paling Tangguh

Seperti biasa, Samsung menggunakan dua chipset yang berbeda. Qualcomm Snapdragon 835 untuk pasar AS dan Samsung Exynos 8895 untuk seluruh dunia, keduanya merupakan chipset mobile yang paling tangguh saat ini.

Samsung merasa cukup dengan memadukan RAM besaran 4 GB dan penyimpanan internal 64 GB yang dapat di-upgrade melalui kartu microSD.

Snapdragon 835 vs. Exynos 8895

Snapdragon 835 vs. Exynos 8895, Mana Prosesor yang Paling Cepat?


Akhir Kata

Samsung memastikan, Galaxy S8 dan Galaxy S8+ bisa dipesan di Indonesia mulai 18 April mendatang dengan pilihan warna midnight black, orchid grey, arctic silver, coral blue, dan maple gold.

Kamu tak hanya akan mendapatkan Galaxy S8 beserta kelengkapan, Samsung dipastikan turut menyertakan headphone AKG.

Postingan terkait: